ANALISA
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PROMOSI YANG DIBERIKAN OLEH PRODUSEN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada
umumnya setiap perusahaan atau badan usaha baik itu pemerintah (BUMN) ataupun
swasta, pastilah memiliki suatu ideologi atau visi dan misi yang harus bisa
dicapai dalam perilaku kesehariannya. Hal tersebut tentunya sangat erat
kaitannya dengan semakin pesatnya persaingan dan tuntutan zaman yang kian hari
kian dinamis. Salah satunya adalah kegiatan promosi.
Promosi
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan
tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Hubungan
promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada
umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor
akan mengurangi kegiatan promosi.
Strategi promosi penjualan adalah
perencanaan atau kegiatan dari suatu organisasi/perusahaan agar dapat mencapai
sasaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat terwujud. Tujuan dari promosi
penjualan sangat beraneka ragam yakni merangsang permintaan, mempengaruhi suatu
konsumen dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan volume penjualan, meningkatkan
hasrat konsumen untuk mencoba produk, membentuk goodwill, meningkatkan
pembelian konsumen, juga bisa mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak
serta meminimimkan perilaku berganti-ganti merek, atau mendorong konsumen untuk
mencoba pembelian produk baru.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini terdapat
beberapa rumusan masalah, diantaranya yaitu:
1. Apa jenis promosi yang diberikan
oleh perusahaan terhadap konsumen?
2. Bagaimana kesesuaian promosi yang
diberikan perusahaan dengan harapan para konsumen?
3. Siapa yang bertugas memberikan
promosi kepada konsumen dalam sebuah perusahaan?
4. Bagaimana kepuasan dan efektifitas
promosi yang diterapkan perusahaan?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas,
maka tujuan daripada penelitian ini yaitu:
1. Mengetahui jenis-jenis promosi
yang tepat sesuai kebutuhan konsumen.
2. Mengetahui kesesuaian promosi
yang diberikan oleh perusahaan kepada para konsumennya.
3. Mengetahui siapa yang bertanggung
jawab atas semua promosi yang diberikan perusahaan kepada konsumen.
4. Menganalisa kepuasan dan
efektifitas promosi yang diterapkan perusahaan.
1.4 Batasan Masalah
Supaya pembahasan tidak menyimpang
dari ruang lingkup yang ingin dicapai dalam penelitian, maka batasan masalah
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Proyek yang di kerjakan terbatas
pada permintaan beberapa konsumen.
2. Tema yang menjadi bahan pembuatan
penelitian merupakan kegiatan mengenai kepuasan konsumen.
1.5 Sistematika Penulisan
Agar mempermudah bahasan dan
analisa, maka penulisan laporan disusun berdasarkan suatu sistematika penulisan
yang secara garis besar di gambarkan sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas dan
menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan
masalah dan sistematika penulisan.
Apabila dalam sebuah penelitian, yang dibicarakan adalah pelaksanaan
percobaan di lapangan, di mana dalam penentuan plot, pertama-tama
dilakukan pembagian daerah menjadi beberapa blok, kemudian setiap blok
dibagi lagi dan seterusnya, maka yang dibicarakan adalah prosedur
penelitian. Jika, yang dibicarakan adalah penggunaan interview atau
wawancara sebagai alat pengumpulan data, maka yang dibicarakan adalah
teknik penelitian. Jika yang dibicarakan adalah bagaimana penelitian
dilakukan, yaitu dengan prosedur dan alat bagaimana suatu penelitian
dilakukan, maka yang dibicarakan adalah metode penelitian.
Jadi, dalam metode penelitian ini tercakup prosedur penelitian dan teknik penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar