Sabtu, 03 Oktober 2015

BAB 1 PENDAHULUAN (Tugas 05)



ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PROMOSI YANG DIBERIKAN OLEH PRODUSEN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Pada umumnya setiap perusahaan atau badan usaha baik itu pemerintah (BUMN) ataupun swasta, pastilah memiliki suatu ideologi atau visi dan misi yang harus bisa dicapai dalam perilaku kesehariannya. Hal tersebut tentunya sangat erat kaitannya dengan semakin pesatnya persaingan dan tuntutan zaman yang kian hari kian dinamis. Salah satunya adalah kegiatan promosi.
            Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi.
            Strategi promosi penjualan adalah perencanaan atau kegiatan dari suatu organisasi/perusahaan agar dapat mencapai sasaran sehingga tujuan yang diinginkan dapat terwujud. Tujuan dari promosi penjualan sangat beraneka ragam yakni merangsang permintaan, mempengaruhi suatu konsumen dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan volume penjualan, meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk, membentuk goodwill, meningkatkan pembelian konsumen, juga bisa mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak serta meminimimkan perilaku berganti-ganti merek, atau mendorong konsumen untuk mencoba pembelian produk baru.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini terdapat beberapa rumusan masalah, diantaranya yaitu:
1.  Apa jenis promosi yang diberikan oleh perusahaan terhadap konsumen?
2. Bagaimana kesesuaian promosi yang diberikan perusahaan dengan harapan para konsumen?
3. Siapa yang bertugas memberikan promosi kepada konsumen dalam sebuah perusahaan?
4. Bagaimana kepuasan dan efektifitas promosi yang diterapkan perusahaan?

1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan daripada penelitian ini yaitu:
1.   Mengetahui jenis-jenis promosi yang tepat sesuai kebutuhan konsumen.
2. Mengetahui kesesuaian promosi yang diberikan oleh perusahaan kepada para konsumennya.
3. Mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas semua promosi yang diberikan perusahaan kepada konsumen.
4. Menganalisa kepuasan dan efektifitas promosi yang diterapkan perusahaan.

1.4 Batasan Masalah
Supaya pembahasan tidak menyimpang dari ruang lingkup yang ingin dicapai dalam penelitian, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.   Proyek yang di kerjakan terbatas pada permintaan beberapa konsumen.
2. Tema yang menjadi bahan pembuatan penelitian merupakan kegiatan mengenai kepuasan konsumen.

1.5 Sistematika Penulisan
Agar mempermudah bahasan dan analisa, maka penulisan laporan disusun berdasarkan suatu sistematika penulisan yang secara garis besar di gambarkan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas dan menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan masalah dan sistematika penulisan.
Apabila dalam sebuah penelitian, yang dibicarakan adalah pelaksanaan percobaan di lapangan, di mana dalam penentuan plot, pertama-tama dilakukan pembagian daerah menjadi beberapa blok, kemudian setiap blok dibagi lagi dan seterusnya, maka yang dibicarakan adalah prosedur penelitian. Jika, yang dibicarakan adalah penggunaan interview atau wawancara sebagai alat pengumpulan data, maka yang dibicarakan adalah teknik penelitian. Jika yang dibicarakan adalah bagaimana penelitian dilakukan, yaitu dengan prosedur dan alat bagaimana suatu penelitian dilakukan, maka yang dibicarakan adalah metode penelitian.
Jadi, dalam metode penelitian ini tercakup prosedur penelitian dan teknik penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar